Definisi public relations dan fungsinya

Definisi public relations dan fungsinya

Definisi Public Relations
1. Secara Umum
Public Relations adalah proses komunikasi dua arah yang bertujuan untuk mencapai opini publik sesuai dengan keinginan perusahaan/organisasi, terciptanya kepercayaan di masyarakat, adanya saling pengertian antara perusahaan/organisasi dengan publiknya, menumbuhkan citra positif di masyarakat, menciptakan partisipasi publik, dan lain-lain.
Keterangan
a. Opini publik sangat bergantung dari fungsi public relations, bagaimana seorang praktisi public relations (PR) membuat strategi dengan tujuan mempengaruhi atau mempersuasif publiknya agar sesuai dengan keinginan perusahaan/organisasi yang bersangkutan. Dalam melakukan hal tersebut, praktisi PR harus membuat planning dengan maksud tersebut.
b. Salah satu fungsi public relations adalah menciptakan kepercayaan publik terhadap organisasi/perusahaan. Perlu anda ketahui bahwa publik dan masyarakat itu berbeda. Masyarakat adalah semua orang yang ada dalam suatu wilayah atau negara, sedangkan publik adalah sekelompok orang dengan kebutuhan yang sama.
Contohnya : Perusahaan obat-obatan, publiknya adalah orang-orang yang membutuhkan obat atau rumah sakit. Perusahaan obat-obatan tersebut harus bisa menciptakan kepercayaan terhadap rumah sakit agar mereka hanya mengambil obat dari perusahaan tersebut. Perusahaan obat sebagai distributor membangun ikatan kepercayaan tersebut dari strategi PR yang dibuat sebelumnya
c. Praktisi PR juga harus mampu menumbuhkan citra positif dalam rangka mencapai kepercayaan publiknya.
Contohnya : Seorang calon presiden yang mengadakan kampanye agar dipilih saat pemilu. Calon presiden tersebut harus memiliki In-house PR sendiri dalam organisasinya atau menyewa konsultan PR untuk membuat strategi dalam rangka menciptakan citra positif.
d. Public Relations jaman dulu dapat dikatakan komunikasi searah yang hanya terus mempersuasif publiknya tanpa mengetahui keinginan publiknya. Namun, setelah perkembangan jaman public relations tidak lagi melakukan praktek komunikasi searah, namun sekarang menjadi komunikasi dua arah antara perusahaan dan publiknya. Hal tersebut dapat dilakukan karena adanya perkembangan teknologi IT sehingga media online menjadi wadah yang sangat bagus dalam mencapai komunikasi dua arah.
e. Setelah anda membaca semua keterangan diatas, dapat disimpulkan bahwa dalam melakukan fungsi PR dibutuhkan strategi namun sebelumnya seorang praktisi PR harus menentukan objektive dari strateginya terlebih dahulu.
2. Secara Khusus
Public relation adalah fungsi khusus manajemen yang membantu membangun dan memelihara komunikasi bersama, pengertian, dukungan, dan kerjasama antara organisasi dan publik, melibatkan masalah manajemen, membantu manajemen untuk mengetahui dan merespon opini publik, menjelaskan dan menekankan tanggung jawab manajemen untuk melayani minat publik, membantu manajemen untuk tetap mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif, berguna sebagai sistem peringatan awal untuk membantu mengantisipasi tren, dan menggunakan penelitian dan teknik suara yang layak dalam komunikasi sebagai alat utama (Maria, 2002). Dalam buku dasar-dasarpublic relation (Wilcox dan Cameron,2006,p.5) juga mengatakan bahwa
“public relations is a management function, of a continuing and planned character, through which public and privateorganizations and institutions seek to win and retain the understanding, sympathy, and support of those with whom there are or maybe concerned by evaluating public opinion about themselves, in order to correlate, as far as possible their own policies and procedures, to achieve by planned and widespread information more productive corporation and more efficient fulfillment of their common interests”, yang artinya public relations merupakan fungsi manajemen dari sikap budi yang direncanakan dan dijalankan secara berkesinambungan oleh organisasi atau lembaga umum dan swasta untuk memperoleh dan membina saling pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang mempunyai hubungan atau kaitan, dengan cara mengevaluasi opini publik mengenai organisasi atau lembaga tersebut, dalam rangka mencapai kerjasama yang lebih produktif, dan untuk memenuhi kepentingan bersama yang lebih efisien, dengan kegiatan penerangan yang terencana dan tersebar luas.
Public Relations Menurut Para Ahli
Definisi lainnya masih menyebutkan bahwa PR adalah sebuah fungsi manajemen, seperti yang disebutkan oleh Cutlip, Center, & Brown :
PR adalah fungsi manajemen secara khusus yang mendukung terbentuknya saling pengertian dalam komunikasi, pemahaman, penerimaan dan kerja sama antara organisasi dengan publiknya, (Cutlip, Center & Brown, II000:4)
Beberapa tokoh dalam dunia komunikasi memberikan batasan-batasan atau definisi tersendiri tentang PR antara lain yaitu:John E. Marston (Modern Public Relation, 1979): “Public Relations is planned, persuasive coomunication designed to influence significant public”
Robert T. Relly (The Action of Public Relation, 1981):Public Relations Practice is the art and social science of analyzing trends, predicting their consequences, counseling organizations leaders, and implementing planned program of action which serve both the organization’s and the public interest.IPRA, “Public Relations merupakan suatu kegiatan yang bertujuan memperoleh good will, saling pengertian, citra baik dari masyarakat.”
J.C. Seidel, Public Relations Director Of Housing, State of New York (dalam Saoemirat dan Ardianto, II00II : 1II), yang berbunyi :Public Relations adalah proses yang terus menerus dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh goodwill dan pengertian dari para pelanggannya, para pekerjanya, dan masyarakat luas, ke dalam dengan mengadakan analisis dan perbaikan-perbaikan terhadap diri sendiri, ke luar dengan mengadakan pernyataan-pernyataan”.
Sukatendel (1990) dalam Ardianto (II004):“Suatu metode komunikasi untuk penciptaan citra positif dari mitra institusi atas dasar kesadaran untuk menghormati kepentingan bersama.”
Sekian definisi public relations kali ini, semoga anda menjadi lebih mengeri tentang public relations. Silahkan mengisi kolom komentar dibawah bila ingin menyampaikan komentar, kritik, saran atau pertanyaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis jenis hotel berdasarkan tempat atau lokasi

Pengertian Sapta Pesona dan Bentuk Aksinya untuk Pariwisata

Alasan melakunkan wisata, jenis dan tujuan wisata